Lambung Kapal (HULL)
Pembagian Lambung Kapal (Hull)
Badan
kapal biasanya panjang dan simetris terhadap bidang tengah memanjang kapal.
Kapal pada umumnya di bagian tengah berbentuk persegi panjang dengan kedua
sudut dibawahnya dibulatkan. Di haluan dan buritan bentuknya mendekati huruf V
(fi). Bagian depan disebut haluan, bagian belakang disebut buritan,
bagian bawah disebutalas (keel), dan kedua dinding disamping
disebut lambung. Alas bersama lambung kiri dan kanan
disebut kulit luar. Kulit luar yang berada di atas permukaan air atau
jarak vertikal seluruh lambung kapal yang diukur dari tepi deck ke
garis muat disebutlambung timbul (free board). Kulit kapal
baja masing-masing pelatnya dapat dihubungkan dengan cara las. Bagian-bagian
yang termasuk lambung kapal adalah:
Dasar Berganda
Dasar berganda (Double Bottom) adalah dasar
yang rangkap dua. Sebelah luar alas kapal dan sebelah dalam alas dalam (Top
Tank) digunakan untuk :
1. Mempertinggi keselamatan kapal di dalam
pelayaran bila terjadi kerusakan pada dasar kapal.
2. Sebagai tempat “air ballast” bila kapal berlayar tanpa
muatan.
3. Sebagai tempat penyimpanan bahan bakar, minyak pelumas dan
air tawar.
4. Dengan diisinya ruang dasar berganda dengan
muatan cair dapat memperbaiki stabilitas.
Gambar 1. Dasar ganda kapal
Ø Ruang Pemisah (Cofferdam)
Ruangan yang terdapat
pada dasar berganda untuk memisahkan tangki-tangki yang diisi dengan cairan
yang berbeda jenis.
Gambar 2. Cofferdam
Ø Sekat Kedap Air (Bulk Head)
Sekat kedap air
berguna untuk :
- Membagi kapal atas beberapa bagian
(kompertment) yang kedap air,
- Menambah kekuatan melintang kapal,
- Mencegah atau membatasi menjalarnya api
apabila terjadi kebakaran dan air apabila terjadi kebocoran pada salah satu
ruangan.
Ada 2 (dua) macam sekat kedap air yaitu :
1.Sekat Kedap Air Melintang (Transversal Bulk Head)
2. Sekat Kedap Air Memanjang (Longitudinal Bulk Head)
Banyaknya sekat kedap air melintang yang harus dipasang menurut
ketentuan Solas adalah :
2.1 Satu buah sekat tubrukan (Collision Bulk Head)
2.2 Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian depan
2.3 Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian belakang
2.4 Satu buah sekat kedap air belakang (After Peak Bulk Head)
Gambar 3. Sekat melintang kapal
Ø Tangki Ceruk (Peak
Tank)
Tangki Ceruk ada 2 macam antara lain: Ceruk Haluan (Fore
Peak Tank), yaitu tangki yang dibatasi bagian depan oleh linggi
haluan. Ceruk haluan dipergunakan untuk tangki ballas atau bak rantai jangkar.
Ceruk Buritan (After Peak Tank) yaitu, tangki yang dibatasi
oleh linggi buritan dan dinding sekat kedap air belakang. Ceruk buritan
digunakan sebagai tangki air ballast.
Gambar 4. Tangki ceruk
Ø Linggi
Badan kapal dilengkapi oleh bagian depan dengan linggi haluan
(Stem) dan bagian belakang dengan linggi buritan (Stern Post) yang merupakan
ujung-ujung yang kokoh untuk suatu kapal.
Linggi Haluan (Stem)
Linggi haluan merupakan tempat untuk menempelkan pelaut kulit
dan juga penguat utama di bagian ujung depan kapal. Seperti telah diterangkan
di atas, linggi batang dipasang dari lunas sampai garis air muat dan ke atas
dilanjutkan dengan konstruksi linggi pelat. Ada beberapa bentuk linggi
haluan yang kita ketahui yaitu :
Gambar 5. Bentuk linggi haluan
Komentar
Posting Komentar