Sistem Supply Bahan Bakar Mesin Utama Kapal

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas dasar sistem bahan bakar pada kapal yang dapat membantu anda memahami apa saja sub sistem yang ada pada sistem ini.
Pada mesin diesel dua langkah putaran rendah bisanya dioperasikaan secara kontinu menggunakan bahan bakar HFO dan diesel oil (baik HSD maupun MDO) dapat disuplai pada kondisi kapal sedang manuver
.


Berdasarkan gambar sistem diatas, cara kerja sistem suplai bahan bakar dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Pompa transfer pump digunakan untuk mentransfer bahan bakar yang berada didalam storage tank pada double bottom dipompa menuju settling tank untuk diendapkan. Bahan bakar yang berada didalam tanki penyimpanan masih memiliki viskositas yang cukup tinggi walapun didalam tanki terdapat pemanas (heater) sehingga diperlukan pompa displacement tipe screw atau pun gear pump. Pompa jenis ini lebih mampu menangani fluida dengan kekentalan yang cukup tinggi dibandingkan tipe pompa lainnya.
  2. Settling tank biasanya memiliki pemanas (heater) berbentuk pipa coil yang berfungsi menaikkan suhu dan menurunkan viskositas sebelum dipindahkan kedalam tanki harian (daily serrvice tank). Proses pengendapan pada settling tank bertujuan mengurangi partikel, kotoran dan air yang berada didalam bahan bakar. Pada umumnya, kapal memiliki dua buah tanki settling yang dirancang mampu menampung keperluan suplai selama 24 jam.
  3. Bahan bakar yang dipindahkan dari tanki settling ke tanki harian, akan dimurnikan terlebih dahulu oleh centrifuge. Alat ini berfungsi menyaring kotoran dan air yang terkandung didalam bahan bakar sehingga bahan bakar yang masuk kedalam tanki harian menjadi lebih murni. Terdapat sebuah heater sebelum bahan bakar masuk melewati centrifuge, yang berfungsi untuk menurunkan viskositas bahan bakar agar sesuai dengan viskoksitas yang diperlukan oleh centrifuge
  4. Bahan bakar yang telah diendapkan selanjutnya dipindahkan kedalam tanki harian menggunakan pompa tipe sentrifugal. Bahan bakar yang didalam tanki harian inilah yang digunakan oleh mesin dengan volume tanki yang disesuaikan dengan kabutuhan motor induk, biasanya antara 8 hingga 12 jam operasional mesin.
  5. Pada gambar sistem diatas, terdapat tanki harian diese oil (DO) biasanya digunakan untuk suplai bahan bakar ke mesin utama pada kondisi kapal melakukan manuver
  6. Mixing tank digunakan untuk mencampur bahan bakar sisa yang keluar dari main engine sehingga bahan bakar tidak terbuang.

Komponen-komponen penunjang sistem suplai bahan bakar

Tanki

  • Storage tank (tanki penyimpanan bahan bakar)
  • Settling tank (tanki pengendapan)
  • Daily service tank (Tanki harian) untuk HFO
  • Daily service tank (tanki harian) untuk MDO

Pompa

  • Transfer pump, digunakan untuk memindahkan fluida dari storage ke settling tank
  • Centrifuge pump, digunakan memindahkan fluida dari settling tank menuju centrifuge/separator
  • Supply pump, beberapa kapal menggunakan pompa ini untuk memindahkan bahan bakar dari settlilng ke service tank
  • Booster pump, sebagian besar menggunakan istilah circulating pump merupakan pompa bertekanan tinggi untuk mencukupi kebutuhan tekanan bahan bakar yang diperlukan oleh mesin

Komponen lainnya

  • Pemanas (heater) pada jalur pipa
  • Heater berupa koil yang ada pada setiap tanki.
  • Centrifuge/separator/clarifire, yang berfungsi menyaring bahan bakar Three way valve
  • Viscosity reulator/viscosimeter, yang berfungsi mengukur tingkat viskositas (kekentalan bahan bakar) sebelum masuk kedalam mesin utama
  • Flowmeter, mengukur laju aliran sebelum masuk ke mixing tank
  • Mixing tank, tanki pencampuran bahan bakar sisa dari main engine dengan bahan bakar dari service tank.

Contoh sistem bahan bakar kapal kargo yang menggunakan mesin utama MAN B&W






Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer